Jumat, 13 Mei 2011

MATERI KESEHATAN


PERAWATAN KULIT WAJAH
Makna perawatan kulit di keseharian kita demikian pentingnya. Bukan hanya membuat penampilan jadi menarik saja, melainkan yang terpenting adalah untuk kesehatan kulit. Dengan demikian, tak salah bila para lelaki juga semakin memperhatikan perawatan kulitnya. Your skin is important to you, apa pun warna kulit Anda, apa pun jenis kelamin Anda!
Perawatan kulit wajah (facial treatment) secara teratur memang penting untuk dilakukan. Kita sekarang lebih banyak berada di luar rumah/gedung perkantoran karena penuh dengan kegiatan setiap hari. Dengan begitu sangat diperlukan perlindungan kulit dari partikel bebas, seperti asap kendaraan bermotor, polusi dan sinar langsung ultra violet. Ada tiga Tahapan Perawatan kulit wajah:
1. Cleansing dan toning. Bisa disebut sebagai dasar perawatan kulit wajah yang penting. Jika kulit telah bersih akan memudahkan kulit untuk menerima perawatan berikutnya. Cara penggunaan cleanser dilakukan langsung memakai kedua telapak dan jari tangan dengan gerakan sirkular (memutar). Dilanjutkan dengan pemakaian toner yang diaplikasikan pada wajah dengan menggunakan kapas. Lakukanlah kegiatan itu pada setiap pagi dan malam untuk membersihkan kotoran, debu dan sisa-sisa makeup. Kulit Anda juga butuh bernapas dan rileks. Proses ini adalah cara terbaik untuk memperoleh manfaat lengkap dari perawatan kulit yang spesifik. Cara pemakaian toner diaplikasikan pada wajah dan leher (harap hindari area mata), lalu ditepuk-tepuk hingga produk jadi sedikit kering dan menyerap pada kulit, dan digosok-gosok dengan gerakan memutar, kemudian dibersihkan dengan air hangat dan aplikasikan toner.
2. Perawatan kulit. Perawatan kulit dengan produk-produk whitening, diciptakan untuk mengatur produksi melanin dan mengurangi timbulnya bercak-bercak coklat pada kulit dan mengembalikan kecemerlangan kulit. Bersiaplah memiliki kulit indah, segar, sehat dan bercahaya.
3. Perlindungan kulit. Perlindungan kulit begitu penting diperhatikan saat ini. Sebab, sungguh sulit saat ini menghindarkan diri dari tekanan paling kecil sekalipun. Demikian sulit, misalnya, menghindar dari polusi. Dalam cuaca hujan dan panas atau cuaca yang tidak menentu, yang membuat apa saja bisa terbuang ke kulit Anda, tanpa memandang bulu sama sekali. Oleh karena itu biasakan kulit Anda menggunakan krim anti UV apabila sedang berada di area yang langsung berhubungan dengan sinar matahari.
Kesehatan: Wajah Cantik Bersinar Dengan Buah Segar

Buah memang banyak sekali manfaat dan kandungannya. Selain mampu menyehatkan badan, buah-buahan dianggap juga sanggup mempercantik wajah Anda. Terutama beberapa buah berikut ini berpotensi membuat wajah Anda telihat lebih cantik, halus dan bercahaya. Tidak usah repot pergi ke salon, cukup bermodal buah-buahan segar, Anda bisa melakukannya di rumah. Disamping praktis, Anda bisa menghemat uang.
- Apel bisa menetralisir kulit berminyak dengan mem-blender setengah apel tanpa air sampai halus, lalu balurkan merata pada wajah yang telah dibersihkan dan diamkan selama 20 menit. Bersihkan wajah dengan air hangat kuku dan air dingin untuk meringkaskan pori-pori. Apel mengandung zat yang dapat menetralisir kelebihan minyak pada wajah. Lakukan seminggu sekali.
- Stroberi sebagai instant radiant dengan mencampurkan tiga buah stroberi dan sesendok teh madu, hancurkan, namun jangan terlalu lembut. Oleskan pada wajah dan diamkan 30 menit. Setelah masker agak mengering, gosok dengan gerak melingkar untuk meluruhkan sel-sel kulit mati dan melancarkan peredaran darah. Basuh dengan air dingin. Lakukan seminggu sekali. Vitamin C pada stroberi efektif mencerahkan kulit dan madu melembabkan kulit.
- Melon dapat mendinginkan kulit yang terbakar matahari, caranya dengan mengiris tipis melon, lalu kompres selama 20 menit pada wajah yang telah dibersikan. Setelah itu bilas. Melon mengandung zat astringent yang berkhasiat sebagai tonik dan mampu mendinginkan wajah yang terbakar matahari.
- Kulit Jeruk bisa mencerahkan kulit kusam dengan merendam kulit jeruk yang sudah ditusuk-tusuk garpu dalam air hangat selama satu malam. Basuhkan pada wajah yang telah dibersihkan kemudian keringkan dengan handuk lembut. Berfungsi juga untuk mengangkat kotoran dan sel-sel kulit mati yang membandel.
- Tomat sanggup melembutkan kulit wajah denga memeras sebuah tomat, campur merata dengan dua sendok teh air jeruk nipis dan dua sendok teh gliserin. Oleskan pada kulit wajah selama 20 menit. Lakukan ini seminggu sekali.
- Mentimun untuk menghaluskan dan memutihkn kulit wajah dengan mem-blender setengah bagian timun, campur dengan dua sendok makan susu segar hangat (tanpa gula). Oleskan merata pada wajah sebelum tidur. Lakukan setiap malam. Dalam seminggu Anda bisa melihat hasilnya.
- Pepaya untuk keremajaan kulit, lumat pepaya ranum, lalu campurkan sesendok teh madu. Bubuhkan pada wajah selama 20 menit. Pepaya mengandung estrogen yang mampu meremajakan kulit wajah dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati dan mencegah kerut. Gunakan seminggu sekali.
- Pisang bisa melebabkan kulit kering anda dengan memilih pisang ambon yang matang. Campurkan setengah pisang dengan satu sendok makan havermut, satu sendok teh susu bubuk tawar dan satu sendok teh madu. Oleskan masker pada wajah, diamkan selama setengah jam, lalu bersihkan dengan air hangat. Gunakan seminggu sekali.
- Jeruk nipis mengatasi jerawat anda yang membandel dengan cara mncampurkan satu sendok makan air perasan jeruk nipis dengan satu sendok makan madu yang telah dihangat. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 30 menit. Madu mengandung zat antiseptik yang mampu membunuh kuman penyebab jerawat sedangkan jeruk nipis mampu mengurangi kadar minyak berlebih pada kulit wajah. Gunakan setiap hari sampai jerawat hilang.
Semoga bisa bermanfaat dan membuat hari anda lebih menyenangkan. Dengan wajah segar dan cantik, aktifitas anda tentunya lebih bergairah. (inna/berbagaisumber)
Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?32989
Perawatan Wajah yang Baik

Pada umumnya baik itu wanita mau pun pria harus menjaga kulitnya terutama wajah dari berbagai gangguan. Perawatan wajah yang naik bisa dilakukan seperti berikut ini :
  • Cuci tangan yang bersih sebelum menyentuh kulit wajah.
  • Lakukan cleansing kulit wajah pada pagi dan malam hari: perlu dilakukan di malam hari – meski Anda tidak ber-makeup, karena wajah mudah dinodai oleh polusi. Perlu pula dilakukan pada pagi hari, karena kulit Anda mengeluarkan lemak dan kotoran pada malam hari.
  • Di malam hari, luangkan waktu untuk memijat kulit untuk menstimulasi sirkulasi pertukaran sel-sel pada kulit. Pijatan lembut selama dua menit bisa menghilangkan keletihan, menyantaikan wajah dan memberi kecerahan kulit.
  • Lindungi kulit wajah secara benar, apalagi bila Anda sering bepergian.
  • Banyaklah minum air putih.
Perawatan wajah untuk kulit kering :
  • Berilah kesenangan setiap saat.
  • Ubah jenis produk perawatan kulit sesuai musim, iklim, dan gaya hidup Anda : lingkungan ber-AC, kehidupan di alam terbuka.
  • Mulailah menggunakan produk perawatan anti-ageing, segera setelah pertanda penuaan muncul. Hal ini kerap terjadi lebih cepat untuk jenis kulit Anda (utamanya di area sekitar mata)
  • Hindari mandi dengan air panas, ada baiknya memakai bath oil.
Perawatan wajah untuk kulit sensitif :
  • Hangatkan dulu produk perawatan di genggaman tangan sebelum Anda memakainya. Lakukan perawatan kulit tanpa menggosok.
  • Sebaiknya gunakan jari jemari daripada katun wol, kain atau tisu.
  • Gunakan penyemprot air, jangan membasuh melalui keran air.
Perawatan wajah untuk kulit separuh baya :
  • Pilihlah produk perawatan kulit anti-ageing tergantung pada kondisi kulit, kebutuhan dan musim.
  • Leher, mata, dan tangan Anda bisa mengurangi keindahan penampilan, jadi imbali mereka dengan perhatian yang sangat spesial.
  • Di setiap pagi yang menyulitkan, janganlah ragu buat menggunakan produk kecantikan yang sesuai, yang bisa melembutkan permukaan kulit.
  • Sering terkena sinar matahari langsung, bisa menyebabkan keriput dan noda di kulit.


Perawatan wajah untuk kulit berminyak :
  • Lindungi dirimu dari sinar matahari langsung, dan penimbunan lemak di kulit wajah.
  • Jangan mengeluarkan jerawat dan beruntusan di wajah secara swalayan.
  • Lakukan perawatan peeling pada wajah sekali hingga tiga kali seminggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar